Senin, 26 September 2011

PENDIDIKAN DASAR


            Dunia pendidikan selalu menarik perhatian. Maklum karena pendidikan punya peranan penting dalam maju-mundurnya suatu bangsa.
            Maka telah menjadi sesuatu yang biasa, apabila selalu ada perbaikan/penyempurnaan-penyempurnaan baik itu: kurikulum pendidikan, penyediaan buku-buku pelajaran, pendidikan mutu guru-guru pengajar, sampai perbaikan sarana sekolah. Semua itu adalah upaya agar menghasilkan anak-anak sekolah yang berprestasi.
            Seperti sudah banyak di pahami oleh para akhli pendidikan dan mungkin tak seorang pun bisa menolak pendapat, jika pendidikan dasar seperti di sekolah dasar (SD) sangatlah penting bagi seseorang untuk melangkah maju menuju ke pendidikan yang lebih tinggi lagi seperti SMP lalu SMU sampai ke Perguruan Tinggi.
            Di sekolah dasar seorang anak mulai benar-benar di bentuk dan di arahkan lewat bimbingan para pengajarnya, baik pendidikan Rohani maupun pendidikan Jasmaninya.
            Pendidikan rohani: mencakup etika/kepribadian, bagaimana cara sopan-santun kepada orang-tua, guru, teman sekolah dan sopan-santun di lingkungan/rumahnya, semua diajarkan lewat Pendidikan Agama. Sedang pendidikan Jasmani adalah upaya bagaimana setiap anak tumbuh sehat dan kuat selain cerdas melalui Pelajaran Olah-Raga. Kemudian pola pikirnyapun di asah, bagaimana mulai diajarkan cara membaca, berhitung, melukis, menghapal pelajaran, dsb.
            Dari sekolah dasar pula mulai bisa di pilah, mana anak yang benar-benar di sebut anak yang baik budi pekertinya, pandai karena bisa memecahkan soal-soal hitungan atau menggambar bagus dan unik, pemberani karena selalu siap di suruh tampil di depan kelas atau anak bodoh dan lamban.
            Tak heran bila kini banyak para orang tua yang  memasukkan anak-anaknya yang berusia 3-4tahun ke sekolah Pendidikan Usia Dini (PAUD), sebelum menyekolahkannya ke Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) atau ke Sekolah Dasar (SD).Tujuannya agar ketika masuk TK atau SD anak telah siap dan terbiasa dengan pembelajaran sekolah serta ketika lulus dari Sekolah Dasar (SD) mendapat nilai yang bagus.
            Bahwa pendidikan dasar di SD itu amatlah penting di perhatikan. Bersekolah  dimana?dan juga mutu pendidikannya? Akan dapat pula menentukan seseorang kedepannya nanti,  sepertii di ungkapkan  oleh bapak pengajar Sekolah Dasarnya Obama, itu Presiden Amerika Serikat sekarang  ketika belajar di SD Negri I Menteng-Jakarta, dalam sebuah wawancara televisi swasta Indonesia beberapa tahun lalu, saat sebelum Obama jadi presiden.
                Menurut beliau: Ketika di SD dulu Obama kecil sudah paling berani maju ke depan klas .Ia sudah menonjol, pintar, ke ingin tahuannya yang banyak, punya hobby menggambar super-hero.Barack Obama di sekolah dasar sudah terlihat kelebihan-kelebihannya.
                Intinya, hal yang amat positif dengan tumbuhnya suburnya di berbagai tempat kegiatan Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kemudian Sekolah Dasar (SD) perlu di perhatikan lebih baik lagi, baik sarana maupun mutunya. Tidak berlebihan bila gedung SD di desa-desa pun, selain punya perpustakaan di lengkapi sarana olah-raga yang memadai juga. Untuk melahirkan anak-anak yang selain pintar, cerdas juga berbadan sehat. TITIK.

_______________


Tidak ada komentar:

Posting Komentar